website Pengadilan Agama Pelaihari memberikan kemudahan kepada masyarakat penyandang disabilitas. silahkan blok tulisan. agar kami dapat membacakannya   Click to listen highlighted text! website Pengadilan Agama Pelaihari memberikan kemudahan kepada masyarakat penyandang disabilitas. silahkan blok tulisan. agar kami dapat membacakannya Powered By GSpeech
gspeech_html   Click to listen highlighted text! gspeech_html Powered By GSpeech

Seputar Peradilan

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Guna Peningkatan Pelayanan di Pengadilan Agama Pelaihari

WhatsApp Image 2022 05 27 at 16.24.38

Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima bagi para pihak yang berperkara dan juga masyarakat, PA Pelaihari melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi kepada seluruh Petugas PTSP, Posbakum dan Security. Melalui evaluasi dan monitoring diharapkan seluruh petugas PTSP, Posbakum dan Security sebagai garda terdepan pelayanan dapat melakukan peningkatan kinerja serta pelayanan terbaik untuk para pihak yang berperkara. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 Mei 2022 pukul 14:00 WITA dan bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Pelaihari. Pada kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris Pengadilan Agama Pelaihari Ibu Nursila Sari, S.Sos., M.M. dan dihadiri oleh seluruh petugas PTSP, Petugas Posbakum dan Security. Adapun hal-hal yang perlu dievaluasi antara lain terkait kedatangan masuk petugas PTSP yang masuk kantor tergesa/gesa. Petugas PTSP diharuskan hadir minimal 15 menit sebelum jam buka pelayanan sehingga lebih siap dalam menyambut kedatangan para pihak. Berdasarkan keterangan petugas PTSP, terkait kedatangan yang tergesa-gesa tersebut dikarenakan terdapat kendala pada transportasi ketika akan berangkat ke kantor. Solusi yang diberikan adalah memilih alternatif transportasi lain untuk mengantisipasi apabila transportasi utama berkendala. 

WhatsApp Image 2022 05 27 at 14.47.57WhatsApp Image 2022 05 27 at 14.47.58 1
Evaluasi yang selanjutnya terkait jam istirahat PTSP. Terkait pelayanan Non Stop maka diharapkan tidak ada kekosongan petugas bahkan saat jam istirahat. Oleh karena itu, petugas PTSP bisa istirahat secara bergantian. Berikutnya terkait dengan ruangan sidang juga menjadi sorotan dan perlu dilakukan evaluasi. Setiap hari petugas yang ditunjuk harus menyiapkan dan mengkondisikan ruang sidang sebelum persidangan dimulai. Dalam monev juga disampaikan Perihal inovasi pelayanan, ada beberapa inovasi layanan yang menjadi unggulan dari Pengadilan Agama Peaihari harus rutin di lakukan monitoring dan evaluasi, dan keberhasilan inovasi layanan itu berjalan atau tidak salah satunya dengan terukurnya jumlah pengguna layanan yang terus meningkat. Oleh karena itu, petugas PTSP diharapkan bisa memberikan edukasi kepada para pihak berperkara terkait inovasi-inovasi di Pengadilan Agama Pelaihari. Sehingga pengguna inovasi layanan bisa terukur dan meningkat jumlahnya.  Dalam kesempatan itu juga diberikan waktu untuk sesi tanya tanya jawab dan penyampaian kendala oleh para petugas dan langsung diberikan solusi pemecahannya oleh Sekretaris PA. Pelaihari guna memperbaiki sistem pelayanan. 

WhatsApp Image 2022 05 27 at 14.47.58WhatsApp Image 2022 05 27 at 14.47.59

Evaluasi yang terakhir adalah terkait pengaktifan portal keluar masuk samping di Pengadilan Agama Pelaihari, serta access door yang menggunakan sidik jari /pin yang merupakan upaya sterilisasi antara para pihak dan pegawai. Dengan adanya penutupan akses jalan menggunakan portal dan access door diharapkan tidak ada lagi pihak berperkara yang masuk melalui pintu belakang dan tidak ada pihak yang bisa masuk di area ruang kerja sehingga integritas pelayanan lebih terjamin.


Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech